WSBK rilis kalender sementara 2022, Mandalika kebagian slot November

Jakarta (ANTARA) – Kalender sementara musim 2022 kejuaraan dunia World Superbike dirilis Kamis dan Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, kebagian slot 11-13 November.

Kalender sementara itu terdiri dari 13 seri, dengan satu seri masih menunggu pengumuman lebih lanjut, sedangkan Sirkuit Phillip Island di Australia akan menjadi tuan rumah seri penutup musim namun belum ditetapkan tanggalnya.

Sirkuit Aragon juga akan menjadi tempat tes 4-5 April tahun depan, satu pekan sebelum balapan berlangsung di sirkuit tersebut.

Seperti 2021, sembilan seri pertama WSBK akan dilangsungkan di Eropa, dibuka dengan balapan di Aragon pada 8-10 April sebelum bergeser ke Assen, Belanda pada 22-24 April.

Sirkuit Estoril, Portugal menggelar seri ketiga dari 20-22 Mei, sebelum Misano kedatangan para pebalap untuk seri keempat pada 10-12 Juni.

Setelah itu, tur Eropa dilanjutkan ke Donington Park, Inggris; Autodrom Most, Republik Ceko; Magny-Cours, Prancis; Catalunya, Spanyol; dan diakhiri di Algarve di Portugal, yang menjadi seri penutup untuk kelas WorldSSP 300.

Baca juga: Razgatlioglu juara dunia WSBK saat Rea menangi Race 1 di Mandalika

Tiga seri terakhir akan digelar di luar Eropa mulai dari 21-23 Oktober di Sirkuit San Juan Vilicum, Argentina, sampai Mandalika pada 11-13 November.

Sirkuit Mandalika tahun ini telah sukses menjalani debutnya sebagai tuan rumah seri penutup WSBK pada 19-20 November yang melahirkan Toprak Razgatlioglu mengunci gelar juara dunia untuk pertama kalinya sehingga mematahkan dominasi Jonathan Rea.

Sementara itu Phillip Island telah masuk kalender namun panitia belum menentukan tanggal untuk seri penutup musim tersebut. Seri di luar sirkuit Eropa akan menampilkan balapan WSBK dan WorldSSP saja.

Tanggal dan sirkuit untuk balapan ke-13 akan diumumkan lebih lanjut.

“Seri ke-12 akan berlangsung dan kami memiliki sejumlah opsi di mana ajang itu dapat diselenggarakan, sementara itu senang menyambut Australia dan Sirkuit Grand Prix Phillip Island kembali ke kalender, kali ini menutup musim,” kata Executive Director WSBK Gregorio Lavilla.

Lavilla mengungkapkan tanggal untuk seri penutup akan dikonfirmasi setelah panitia melakukan analisis tantangan logistik yang dihadapi selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Rea dominasi dua race penutup musim WSBK di Mandalika, Yamaha berpesta

Berikut ini kalender sementara WSBK 2022:

8 – 10 April: MotorLand Aragon, Spanyol

22 – 24 April: TT Sirkuit Assen, Belanda

20 – 22 Mei: Sirkuit Estoril, Portugal

10 – 12 Juni: Misano World Circuit “Marco Simoncelli”, Italia

15 – 17 Juli: Donington Park, Inggris Raya

29 – 31 Jul: Autodrom Most, Republik Ceko

9 – 11 September: Sirkuit Nevers Magny-Cours, Prancis

23 – 25 September: Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol

7 – 9 Oktober: Autodromo Internacional do Algarve, Portugal

21 – 23 Otober: Sirkuit San Juan Villicum, Argentina

11 – 13 November: Pertamina Mandalika International Street Circuit, Indonesia

Menunggu tanggal resmi: Phillip Island Grand Prix Circuit, Australia

Seri ke-13 akan diumumkan lebih lanjut.

Baca juga: Toprak Razgatlioglu, juara WSBK yang belum terpincut paddock ‘sebelah’

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021