Quartararo juarai GP Andalusia, Yamaha menyapu bersih podium

Quartararo juarai GP Andalusia, Yamaha menyapu bersih podium

Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo merebut kemenangan keduanya di MotoGP setelah tampil besar di Grand Prix Andalusia, pada Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu.

Pebalap asal Prancis itu mengonversi pole position keduanya musim ini menjadi kemenangan mudah di saat jago bertahan Marc Marquez batal hadir karena cedera.

Quartararo finis 4, 495 detik pada depan duet pebalap pabrikan Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi, yang naik podium lagi sesudah terakhir kali finis runner-up di Texas tahun lalu, demikian laman formal MotoGP.

Yamaha pun menyapu bersih podium hari tersebut, capaian yang terakhir kali pabrikan asal Jepang itu rayakan pada atas podium Phillip Island 2014.

Quartararo menjalani seri kedua musim 2020 itu tanpa perlawanan bermakna karena tak terkejar oleh rival-rivalnya sejak start.

Dalam usia 21 tahun 97 hari Quartararo menjadi pebalap termuda ke-2 yang menjuarai dua seri bersambung di kelas premier setelah Marc Marquez (20 tahun 154 hari), ketika itu di seri Jerman dan Amerika Serikat pada tarikh 2013.

Baca juga: Fakta dan statistik jelang Grand Prix Andalusia

Drama terjadi setelah start ketika Miguel Oliveira (KTM Tech 3), yang mengambil posisi start terbaiknya di P5, gagal menyintas tikungan pertama sebab terlibat senggolan dengan rookie awak KTM Factory Racing Brad Binder hingga membuat pebalap Portugal itu terpelanting dari motornya. Bradley Smith juga terpaksa menghindari insiden itu.

Vinales berusaha mencuri posisi terdepan namun justru berkembang jelang akhir lap pertama maka Rossi yang berada di belakangnya memanfaatkan celah itu untuk P2.

Lima lap pertama Quartararo mampu menjaga jaraknya cukup jauh, 3 detik di depan meninggalkan Rossi dan Vinales & rombongan besar para rivalnya.

Perlahan-lahan The Doctor mampu memperlebar jaraknya, sedangkan Vinales terancam duet tim Pramac Racing.

Baca juga: Quartararo rebut pole position GP Andalusia, Marquez menarik diri

Ketika 15 lap tersisa Francesco Bagnaia melampiaskan serangannya untuk menyalip Vinales, utama lap berselang rekan satu timnya, Jack Miller kembali mempecudangi sang pebalap Yamaha yang kehilangan posisinya dengan cepat.

Vinales tampak kewalahan dengan motor Yamaha M1-nya ketika pebalap tim satelit Yamaha Franco Morbidelli dengan mudah melewatinya.

Namun sial bagi Miller, dia justru terjatuh di Tikungan 9 ketika Bagnaia satu lap kemudian menyalip Rossi ketika mantan mentornya itu melebar.

Reliabilitas mesin Yamaha menjadi kendala ketika Morbidelli, dengan sedang menguntit Rossi untuk podium, mengalami kendala teknis dan menahan motornya sembilan lap jelang bubaran.

Menyuarakan juga: Marquez: badan saya sejumlah ‘berhenti’, maka saya pun beristirahat

Rossi dan Vinales saling bertarung memperebutkan tempat ketiga tujuh lap sebelum finis, ketika di P2 mesin Bagnaia tampak mengeluarkan asap daripada knalpotnya.

Pebalap Ducati bernomor 63 itu akhirnya patuh ke pinggir trek melewatkan kesempatan podium perdananya. Kegagalan ganda untuk tim Pramac Racing.

Rossi bertahan habis-habisan untuk menghalangi Vinales yang membayangi di kecil.

Namun dua lap terakhir, Vinales menemukan celah masa Rossi melebar untuk merebut P2 hingga finis di depan teman satu timnya itu.

Takaaki Nakagami finis P4 untuk tim LCR Honda, mengungguli pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir di P5.

Sementara Andrea Dovizioso mengamankan poin di P6 dan menjadi tunggal pebalap Ducati yang finis keadaan itu.

Baca juga: Tanpa Marquez, Quartararo waspadai Vinales di GP Andalusia

Demikian juga Pol Espargaro yang sudah P7 sebagai satu-satunya pebalap KTM yang mampu menyelesaikan lomba setelah Oliveira, Brad Binder dan Iker Lecuona bertumbangan.

Alex Marquez mendapati hasil finis terbaiknya di P8, sedangkan Johan Zarco (Avintia) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar), yang sedang memulihkan diri dari cedera bahu, melengkapi sudah 10 besar hari itu.

Cal Crutchlow yang menikmati cedera skafoid finis mengemas pokok terakhir yang tersedia ketika pebalap tim LCR Honda itu sudah P13 setelah Tito Rabat (Avintia) dan Bradley Smith (Aprilia).

Baca serupa: Manajer Repsol Honda ungkap dasar tarik Marquez dari GP Andalusia

Cuma ada 13 pebalap yang finis di Sirkuit Jerez yang bersuhu tinggi hari itu, dan sesudah sejumlah insiden.

Marc Marquez batal tampil di seimbang tersebut karena cedera tulang lengan atas kanannya kendati sang pebalap tim Repsol Honda itu sempat turun pada hari Sabtu untuk menjalani sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Marquez mempunyai kurang dari dua pekan untuk memulihkan diri sebelum MotoGP mendatangi Sirkuit Brno, di Republik Ceko 9 Agustus nanti.

Baca juga: Balapan kedua di Jerez, GP Andalusia akan penuh kejutan
Mengaji juga: Vinales ungguli Rossi buat puncaki FP1 Grand Prix Andalusia
Baca juga: Nakagami puncaki FP2 GP Andalusia, Vinales tercepat secara keseluruhan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020