Presiden Jokowi ajak pererat solidaritas saat perayaan Natal Nasional

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk mempererat solidaritas dan gotong royong khususnya saat pandemi COVID-19.

“Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat di manapun berada untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan, menggaungkan solidaritas dan gotong royong, bekerja untuk aksi kemanusiaan di seluruh wilayah Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan pada Perayaan Natal Nasional Tahun 2021 yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Menurut Presiden Jokowi, hampir dua tahun bangsa Indonesia menghadapi ujian berat dan ujian ketangguhan sebagai umat beriman.

“Selain ujian dalam menghadapi pandemi COVD-19, keprihatinan, kedukaan dan cobaan juga dihadapi oleh rakyat akibat bencana alam di berbagai daerah,” tambah Presiden.

Baca juga: Presiden berharap pandemi tidak mengurangi kegembiraan perayaan Natal

Presiden Jokowi berharap berbagai ujian tersebut justru memperkuat tali persaudaraan seluruh rakyat dan menjadikan bangsa Indonesia makin kuat dan tangguh.

“Kita harus terus menggugah kesadaran kita untuk membangkitkan jiwa kemanusiaan, menggerakkan naluri persaudaraan, untuk bertindak dan membantu sesama,” ungkap Presiden.

Kepala Negara pun meminta semua pihak untuk menyambut tahun baru 2022 dengan semangat baru, dengan jiwa-jiwa yang mulia, dan hati yang dipenuhi cinta kasih.

Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat untuk membangun optimisme, memperkuat ikhtiar lahir maupun batin, bekerja keras dan berdoa untuk semakin tumbuh, mekar dan berkontribusi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Jalan ke depan tidak selalu mudah. Kadang cobaan silih berganti harus dialami oleh masyarakat kita. Tapi dengan semangat dan persatuan yang kuat, kita akan berhasil menghadapi semua tantangan,” tambah Presiden.

Tahun ini, menurut Presiden Jokowi menjadi tahun kedua Natal dirayakan dalam suasana kesederhanaan, tanpa kerumunan, tanpa keramaian, namun tetap khidmat penuh kegembiraan.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Kristiani yang merayakan Natal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga situasi yang sudah mulai membaik agar tetap kondusif sehingga risiko penyebaran COVID-19 bisa dikendalikan, dan Indonesia bisa segera keluar dari pandemi.

“Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2022. Semoga kita bisa terus memperkokoh tali persaudaraan sebagai sesama anak bangsa dan mencapai Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Semoga Tuhan memberkati kita,” kata Presiden.

Baca juga: Pemerintah akan stop ekspor bahan mentah tambang secara bertahap

Baca juga: Presiden: Hilirisasi industri membuat semua rakyat bisa bekerja

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021