Pemerintah sediakan 168 penerbangan tambahan untuk pergelaran MotoGP

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan adanya 168 penerbangan tambahan berkapasitas 29.300 kursi untuk mendukung Pertamina Grand Prix Of Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022.

“Upaya maksimal dilakukan pemerintah di sektor transportasi, terutama jalur udara demi suksesnya gelaran MotoGP Mandalika 2022,” kata Budi Karya Sumadi saat jumpa pers di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022 di area Sirkuit Jalan Raya Pertamina Mandalika, Jumat.

Ia mengatakan penerbangan tambahan tersebut salah satunya extra flight menuju Lombok sebanyak 135 penerbangan dengan kapasitas 25.000 kursi. Tambahan penerbangan itu dilakukan selama tiga hari 18-20 Maret 2022, bekerja sama dengan seluruh operator penerbangan dan bandara.

“Ini adalah akbar internasional, kita harus bangga, dan apresiasi kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang sudah menghadirkan nya di Lombok. Bukan hanya untuk Lombok tapi (untuk,red) Indonesia,” katanya.

Upaya tersebut, lanjut Menhub, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yang sangat menekankan pentingnya kelancaran seluruh mode transportasi pada gelaran MotoGP Mandalika, tak terkecuali sektor transportasi udara. Kementerian Perhubungan pun, berkomitmen menjalankan perintah Presiden itu sebaik-baiknya.

Baca juga: Menhub prediksi lonjakan penumpang ke Mandalika terjadi mulai hari ini

“Jadi kalau udara itu ada sekitar 100-135-an flight selama tiga hari MotoGP,” kata Budi sambil menegaskan penerbangan tambahan itu untuk rute yang padat tujuan Lombok dari Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Bali.

Dukungan maksimal dengan meningkatkan layanan yang awalnya pakai pesawat jenis ATR menjadi narrow-body (pesawat sedang). Kemudian yang narrow-body menjadi wide-body (pesawat berbadan lebar).

“Seluruh jalur extra flight tetap terkoneksi dengan jalur-jalur penerbangan reguler sehingga konektivitas ke Lombok dalam rangka MotoGP Mandalika tetap maksimal seutuhnya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengungkapkan pihaknya bersama operator penerbangan telah melakukan tiga upaya dalam pemenuhan kebutuhan transportasi udara, yakni dalam bentuk extra flight, charter flight, dan positioning flight. Total ada 168 penerbangan dengan 29.300 kursi.

Extra flight kita sediakan sekitar 135 flight dengan kapasitas lebih dari 25.000 kursi, dari Cengkareng ke Lombok itu sekitar 19.000, Denpasar (Bali)-Lombok 2.718 kursi, Surabaya-Lombok 3.834,” katanya.

Baca juga: Stok BBM dipastikan aman pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia

Baca juga: Akses jalan menuju Sirkuit Mandalika mulai disekat

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2022