Pedoman memakai batik yang modis & modern

Pedoman memakai batik yang modis & modern

Jakarta (ANTARA) – Batik dulu identik dengan busana formal yang terkesan serius & lebih sering dipakai orangtua. Anggapan itu semakin memudar seiring berjalannya waktu, di mana batik saat ini tak cuma dipakai untuk kesibukan formal, tapi untuk kesempatan yang lebih santai.

Para perancang Tanah Air yang berkarya melalui menggambar berbagi tips untuk tampil trendi dan terkesan modern.

1. Pilih motif mulia, warna kontemporer
Gabungan dua faktor yang bertolak belakang ini membuat pemakainya terlihat berjiwa muda karena pilihan warna yang beragam dan tidak itu-itu sekadar.

“Motif klasik mewujudkan kita tetap konsisten dengan peninggalan batik-batik kuno. Warna kontemporer membuatnya terlihat modern dan mudah diterima berbagai kalangan, ” kata pemikir Priscilla Saputro dari Batik Nyonya Indo.

Generasi bujang yang bosan mengenakan batik cokelat bisa mencari pilihan lain dengan lebih menarik sesuai selera. Secara demikian, tradisi memakai batik mampu tetap hidup dari generasi ke generasi.

“Sehingga halus budaya Indonesia, salah satunya menulis, tetap akan menjadi kekuatan keturunan, ” kata Priscilla yang memedulikan bisnis batik sejak 1998.

2. Batik tanda berbahan katun untuk harga terjangkau
Batik tulis dengan pengerjaannya memakan waktu dan tenaga memang relatif lebih mahal. Masa Anda masih mencari harga yang lebih miring, pertimbangkan untuk mengambil batik cap yang harganya lebih terjangkau. Pilih bahan nyaman seolah-olah katun agar bisa dipakai buat aktivitas sehari-hari.

“Batik sendiri itu tidak mesti mahal, ” kata perancang asal Yogyakarta Iffah M Dewi, pemilik brand Sogan Batik.

3. Desain modern, motif batik
Batik hadir bukan hanya lewat kemeja, blus formal ataupun kain. Anda bisa mengenakan batik dalam bentuk gaun panjang, luaran, celana hingga aksesoris.

“Fleksibilitas batik membuatnya bisa melebur dalam berbagai gaya berpakaian, ” kata Janice Setyawan, Creative Director dari label Maquinn Couture.

Padukan kaos batik dengan celana jins bertambal untuk gaya kasual, atau kaos batik dengan luaran resmi agar terlihat semiformal.

4. Mix-match klasik dan modern
Atasan batik klasik bisa Kamu coba padankan dengan bawahan dengan lebih santai dan modern seperti celana palazzo . Atau lapisi kemeja batik Kamu dengan kemeja bomber sehingga terkesan santai.

“Lengkapi dengan aksesoris, tas, sepatu yang up to date , jadi tampil cantik dengan batik bisa jadi pilihan saat ini, ” ujar Iffah.

Kamu juga bisa belajar memahami makna-makna yang terkandung dalam setiap model batik, sehingga “pesan” dalam membatik juga bisa meresap ke dalam cara hidup Anda, lanjut Iffah.

“Pasti pesan-pesan (dalam batik memiliki nilai) kebaikan pada situ, apalagi batik klasik. Akan tetapi batik dari desainer sekarang pun banyak juga yang dibuat tak sekadar dekoratif tapi punya keterangan tertentu. ”

Baca juga: Kiat cantik dan apik mengenakan busana dan masker batik

Baca juga: Tips menetapkan batik untuk pernikahan

Baca juga: Tips agar batik anda awet

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020