Menpora dorong suporter berpartisipasi sukseskan Piala Dunia U-20

Menpora dorong suporter berpartisipasi sukseskan Piala Dunia U-20

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong segenap elemen suporter di Tanah Air untuk berpartisipasi dalam menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 yang bakal digelar tahun depan.

“Suporter memiliki peran besar terhadap sepakbola Indonesia, apalagi akan menghadapi Beker Dunia U-20 2021 dimana Nusantara akan menjadi tuan rumah. Dalam Piala Dunia U-20 2021 belakang, suporter menjadi bagian yang istimewa, ” ujar Menpora dalam masukan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikan Zainudin saat menutup kegiatan pelatihan manajemen suporter pada Jumat (17/7). Menpora mengatakan salah mulia elemen penting dalam menyukseskan lapik akbar ini yakni manajemen suporter.

Sepak bola Nusantara yang dikenal dengan suporter fanatiknya memiliki dua sisi yang bersentuhan. Di satu sisi, apabila tadbir suporter bisa dikelola dengan jalan maka akan menjadi sebuah kekuatan besar bagi Indonesia.

Sebaliknya, jika tak dikelola dengan baik, maka kefanatikan yang terakumulasi dalam semangat negatif bakal memproduksi citra pesepakbolaan di Indonesia dipandang sebelah mata.

Baca juga: Pemerintah dan PSSI intensifkan persiapan Piala Negeri U-20
Baca juga: Indonesia bidik 16 besar Piala Dunia U-20

“Saya berharap suporter bola mampu menunjukkan fanatismenya secara elegan & sesuai ketentuan FIFA. Tentunya dengan catatan kita berharap di tahun depan kondisi COVID-19 sudah pulih sehingga laga Piala Dunia bisa disaksikan langsung suporter, ” logat dia.

Menpora juga menjelaskan perkembangan sepakbola di Indonesia dipantau oleh FIFA. Indonesia dianggap menjadi satu diantara negara yang benar serius untuk membangun sepak bolanya. Sehingga Indonesia yang dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Kenapa kita dengan dipilih, satu poin penting yang dinilai oleh FIFA karena tersedia jaminan dari pemerintah. Pak Kepala mengirim surat langsung kepada Presiden FIFA. Selain itu ada serupa garansi dari pemerintah beberapa gajah yang mengirim surat kepada FIFA dan itu yang membuat Indonesia akhirnya terpilih, ” kata dia.

Perwakilan tim & suporter yang hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya suporter Barito Putra, Persija, The Jakmania, Viking, Persija Foundation, Singamania Sriwijaya FC, Persebaya, Bhayangkara FC, Tira Persikabo, Asprov PSSI Jabar.

Pendiri Jakmania Ferry Indrasjarief merespon nyata dengan kegiatan yang diselenggarakan Kemenpora ini. Menurutnya banyak informasi baru untuk suporter baik itu terkait regulasi atau yang lain.

“Ini positif, sosialisasi diperluas, terima kasih sekali atas menghiraukan terhadap sepakbola yang lebih dalam tindakan preventif, semoga ke aliran bisa ketemu langsung duduk menyerempakkan, Pak Menpora, Pak Ketum PSSI dengan teman-teman dan adik-adik suporter, biar lebih nyaman dan cara-cara seperti ini jauh lebih mengena, ” kata Ferry.

Baca juga: Gubernur harapkan Stadion Jakabaring prioritas di Piala Dunia U-20
Menyuarakan juga: Shin Tae-yong bersurat ke PSSI pastikan segera kembali ke Indonesia
Baca juga: Kemenpora siap bantu PSSI jika ada kendala datangkan Shin Tae-yong

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020