Menko Perekonomian apresiasi peningkatan UMKM Sulsel semasa pandemi

Ini suatu hal yang membanggakan, karena itu kami akan memberikan dukungan penuh pada UMKM secara umum

Makassar (ANTARA) – Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengapresiasi peningkatan jumlah UMKM Sulawesi Selatan semasa pandemi COVID-19 yang tetap bertumbuh.

“UMKM Sulsel terus meningkat meskipun terjadi pandemi, pada 2019 tercatat 940 ribu unit UMKM, lalu naik menjadi 1,2 juta UMKM pada 2020 dan 1,5 juta unit UMKM pada 2021,” kata Airlangga pada kegiatan Forum Silaturahim Ulama di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, UMKM yang tercatat 1,5 juta unit sudah diarahkan untuk berorientasi mendukung ekspor sejumlah komoditi andalan daerah ini.

Menurut dia, dukungan UMKM ini memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Sulsel yang rata-rata perrtumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada kuartal IV 2021, meski masih pandemi COVID-19, Sulsel mampu mencatat pertumbuhan 7,89 persen atau di atas nasional yang hanya 5 persen.

“Ini suatu hal yang membanggakan, karena itu kami akan memberikan dukungan penuh pada UMKM secara umum,” kata Airlangga.

Pada kesempatan tersebut menteri juga memberikan bantuan dana pada 12 pondok pesantren untuk bantuan dukungan UMKM sebagai upaya mendorong perekonomian umat dan juga mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional.

Karena itu, lanjut dia, pada 2022 pemerintah memberikan anggaran dukungan pemulihan ekonomi dan penanganan COVID-19 yang meningkat dibandingkan tahun lalu guna mendorong penurunan angka kemiskinan ekstrem hingga 2024.

Baca juga: Airlangga: Akses pembiayaan UMKM masih rendah, perlu ditingkatkan

Baca juga: Airlangga harap BRI wujudkan porsi 30 persen kredit UMKM di 2024

Baca juga: Menko Airlangga pastikan kebijakan pemberdayaan UMKM berjalan baik

Baca juga: Airlangga: UMKM jadi penyangga ekonomi, harus didukung agar bangkit

 

Suasana konferensi pers di sela kegiatan Forum Silaturrahmi Ulama yang dihadiri Menteri Perekonoian Airlangga Hartarto di Makassar, Sabtu (12/3/2022). Antara/ Suriani Mappong


 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022