Menhub maknai Hari Kemerdekaan dengan menyiapkan masa depan

Menhub maknai Hari Kemerdekaan dengan menyiapkan masa depan

Jika Pak Jokowi dari Timor Tengah Daksina, saya memakai baju adat lantaran Pulau Rote

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaknai Hari Peringatan Independensi ke-75 RI dengan menyiapkan era depan yang gemilang.

“Menyiapkan masa depan bangsa yang gemilang adalah perjuangan untuk melestarikan kebebasan sampai anak cucu kita, ” kata Menhub dalam unggahan di media sosial Instagram resminya pada Jakarta, Senin.

Menhub juga bercerita bahwa peringatan Kepala Kemerdekaan ke-75 RI  inj dalam Istana Negara sangat berbeda sebab di tengah pandemi COVID-19.

“Tahun ini masyarakat tidak bisa ikut secara langsung mendaftarkan upacara di Istana Negara. Jadi gantinya pemerintah menyediakan 17. 845 kuota undangan bagi masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual, ” katanya.

Ia menambahkan pasukan pengibar bendera pun masa ini berjumlah tiga orang. Ketiganya adalah anggota cadangan Paskibraka 2019 karena tahun ini tidak tersedia seleksi untuk paskibraka.

Upacara yang dilaksanakan di Istana Negara pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah pejabat yang hadir juga dibatasi.

Selain Presiden Joko Widodo & Wakil Presiden Ma’ruf Amin, penguasa lain yang hadir langsung dalam Istana adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo (pembaca teks proklamasi), Menah Fachrul Razi (pembaca doa), Pemimpin TNI Marsekal Hadi Tjhajanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

“Saya dan pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian Pertalian mengikuti upacara tersebut secara maya, dari kantor kami. Kendati secara online, kami mengikuti upacara secara khidmat dengan memakai  baju kebiasaan, sebagaimana halnya Presiden dan Pengantara Presiden serta peserta upacara yang lain di Istana Negara, ” sebutan Menhub.

Secara bertepatan, Ia mengaku, memilih baju adat dari provinsi yang sama denga baju adat yang dikenekan Presiden Jokowi, yakni dari Nusa Tenggara Timur.

“Jika Pak Jokowi dari Timor Tengah Selatan, saya memakai baju adat dari Pulau Rote, ” ujar Tabiat Karya.

Baca juga: Upacara HUT ke-75 RI secara daring dapat penghargaan rekor dunia
Baca juga: Di perayaan HUT RI ke-75, Mendikbud gunakan songket Palembang

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © KURUN 2020