Kemarin, pangan cukup selama pandemi hingga 11 juta vaksin Bio Farma

ilustrasipangan2_2.jpg

Pandemi COVID-19 berdampak terhadap sektor pertanian termasuk dari sisi terganggunya produksi pertanian akibat pembatasan pergerakan orang atau tenaga kerja.

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (2/2) kemarin, mulai dari jaminan ketersediaan pangan akan cukup selama pandemi oleh Pemerintah, hingga PT Bio Farma (Persero) akan memproduksi 11 juta dosis bahan baku vaksin untuk 21 Februari.

1. Pemerintah pastikan ketersediaan pangan cukup selama pandemi

Pemerintah memastikan ketersediaan pangan cukup selama pandemi COVID-19 melalui sejumlah strategi dan refocussing anggaran dan kegiatan terutama di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan).

“Pandemi COVID-19 berdampak terhadap sektor pertanian termasuk dari sisi terganggunya produksi pertanian akibat pembatasan pergerakan orang atau tenaga kerja,” kata Koordinator Substansi Evaluasi dan Pelaporan Biro Perencanaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian Dr Ir Budi Waryanto MSi dalam acara webinar series bertajuk Mengapa Perlu Vaksinasi COVID-19 untuk Sektor Pertanian, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

2. Pemerintah serap Rp35 triliun dari lelang SUN

Pemerintah menyerap dana sebesar Rp35 triliun dari lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana dengan penawaran masuk mencapai Rp83,79 triliun.

Keterangan pers Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta, Selasa, menyatakan realisasi lelang ini mencapai target indikatif yang ditetapkan sebelumnya Rp35 triliun.

Baca selengkapnya di sini

3. Pupuk Indonesia tegaskan pupuk subsidi tidak dijual secara paket

PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku produsen dan distributor pupuk bersubsidi menegaskan bahwa tidak ada kebijakan yang dikeluarkan perusahaan bahwa penjualan pupuk bersubsidi oleh distributor dan kios dilakukan dalam bentuk paket.

Dalam kunjungannya ke salah satu kios pupuk di Desa Sliyeg, Indramayu, Jawa Barat, Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal, mengatakan perusahaan tidak pernah memaksa petani membeli pupuk jenis nonsubsidi, agar mereka bisa mendapatkan pupuk subsidi.

Baca selengkapnya di sini

4. Pastikan keselamatan, Menhub minta operator memitigasi prakiraan cuaca

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta operator transportasi, terutama laut dan udara untuk memitigasi prakiraan cuaca demi memastikan keselamatan perjalanan di masa cuaca ekstrem ini.

“Operator harus melakukan mitigasi ramalan cuaca, dan merekomendasikan penerbangan atau perjalanan laut untuk menentukan kapan perjalanan,” kata Menhub dalam sambutannya pada webinar yang bertajuk Waspada Cuaca Ekstrem di Sektor Transportasi di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

5. Bio Farma akan produksi 11 juta dosis vaksin COVID-19 pada 13 Februari

PT Bio Farma (Persero) akan memproduksi 11 juta dosis bahan baku vaksin COVID-19 yang datang pada Selasa (2/2) untuk menjadi vaksin pada 13 Februari 2021.

“Untuk yang kedatangan pada hari ini akan mulai diproses untuk produksi pada tanggal 13 Februari dan diharapkan selesai pada 20 Maret 2021,” ujar Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021