Kemarin, Gunung Sinabung meletus hingga kasus COVID-19 bertambah

IMG-20200810-WA0015_copy_1024x683_1.jpg

Jakarta (ANTARA) – Berikut berita humaniora kemarin (17/1) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini diantaranya Gunung Sinabung meletus, banjir dan longsor di Kota Manado, status tanggap darurat pascagempa di Sulawesi Barat, dan kasus positif COVID-19 bertambah di Indonesia hingga menjadi 907.929 kasus.

Gunung Sinabung meletus, semburkan debu setinggi 500 meter

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara Natanail Perangin-angin menyatakan Gunung Sinabung erupsi pada Minggu (17/1) petang sekitar pukul 16.50 WIB, menyemburkan debu setinggi lebih kurang 500 meter.

“Erupsi Gunung Sinabung di atas puncak lebih kurang 2.960 meter di atas permukaan laut,” katanya saat dihubungi dari Medan, Minggu malam.

Baca berita: di sini

BNPB: Korban gempa Sulbar bertambah menjadi 56 orang

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan korban jiwa akibat gempa Magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat bertambah menjadi 56 orang.

“Sebanyak 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majene,” kata Raditya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Komunitas TDA Palu kirim logistik bantu korban gempa Mamuju-Majene

Baca juga: Anggota DPR serukan warga jangan tinggalkan Mamuju

Simak berita: di sini

Banjir dan longsor memaksa 500 warga mengungsi di Kota Manado

Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada Sabtu (16/1) telah merenggut setidaknya lima korban jiwa serta menyebabkan satu orang hilang dan memaksa 500 warga mengungsi menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut siaran pers BNPB yang diterima di Jakarta, Minggu, bencana yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi tersebut juga menyebabkan dua rumah rusak berat dan 10 rumah rusak sedang.

Cek berita: di sini

Kemensos dirikan enam dapur umum untuk penyintas gempa Sulbar

Kementerian Sosial (Kemensos) mendirikan enam dapur umun untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar para penyintas gempa di Mejene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

“Seluruh masakan kami sebarkan ke lokasi pengungsi atau bagi yang lokasi pengungsianya dekat bisa langsung mengambil,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos M Safii Nasution, di Sulbar, Minggu.

Baca juga: Mensos pastikan respons cepat penanganan dampak bencana

Cek berita: di sini

BNPB: Gubernur Sulbar tetapkan status tanggap darurat pascagempa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa Gubernur Sulawesi Barat H.M. Ali Baal Masdar telah menetapkan status tanggap darurat pascagempa di daerah itu yang berlaku selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 Januari 2021.

“Jadi tolong dikoreksi, tidak ada status bencana nasional, adanya status tanggap darurat. Ini sudah ditandatangani oleh kepala daerah, yaitu Bapak Ali Baal Masdar, Gubernur Sulawesi Barat,” kata Kepala Pusat Data, Informasi (Kapusdatin) dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr. Raditya Jati dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Ahad.

Simak berita: di sini

Gunung Merapi 36 kali meluncurkan lava pijar

Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu pagi terpantau 36 kali meluncurkan lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1,5 km menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada Minggu pukul 00.00-06.00 WIB, guguran lava pijar Merapi meluncur ke arah barat daya.

Baca berita: di sini

Kasus positif COVID-19 Indonesia bertambah 11.287 jadi 907.929 kasus

Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang dilaporkan melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per Minggu pukul 12.00 WIB bertambah 11.287 kasus, sehingga total kasus COVID-19 di Indonesia menjadi 909.929 kasus.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 yang diterima di Jakarta, pasien yang sembuh per hari ini bertambah 9.102 orang sehingga total keseluruhan pasien COVID-19 yang berhasil pulih sebanyak 736.460 orang.

Baca juga: Gunung Merapi 36 kali meluncurkan lava pijar

Cek berita: di sini

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021