Gempa magnitudo 5, 6, sejumlah fasilitas di Tapanuli Selatan rusak

Gempa magnitudo 5, 6, sejumlah fasilitas di Tapanuli Selatan rusak

Menurut laporan banyak lagi rumah-rumah penduduk yang retak, namun syukurnya hingga malam ini sesuai laporan kita terima lapangan nihil korban jiwa akibat gempa tersebut

Tapsel (ANTARA) – Sejumlah panti ibadah, rumah warga, dan gedung sekolah di Kecamatan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan mengalami kerusakan kategori kecil hingga parah dampak gempa tektonik magnitudo 5, 6 di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

“Kita baru saja melakukan pendataan di lapangan dampak gempa dunia Padang Lawas dengan kedalaman 10 km ini, ” kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu kepada ANTARA melalui Camat Kecamatan Sayur Matinggi Emmy Farida di Tapanuli Selatan, Kamis malam.

Dia menyatakan dampak menyesatkan parah dialami SD Negeri 101107 Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi di mana satu gedung madrasah kondisinya rusak parah, sedangkan Langgar Syech Sihabuddin juga rusak.

“Tambah rumah penduduk ditempati Nikmah Nasution (50) rusak menikmati kerugian sekitar Rp3 juta, Yusnita (32) rumahnya rusak kerugian ditaksir Rp1 juta, dan rumah Tukma (27), ” tambahnya.

Baca juga: Gempa magnitudo 5, 6 guncang Padang Lawas Sumatera Utara

Selain itu, dalam Kelurahan Sayur Matinggi, Masjid Asasuddin juga rusak dengan kerugian diperkirakan Rp40 juta dan satu sendi warga bernama Isak (36) hancur dengan taksiran kerugian Rp2 juta.

“Menurut laporan banyak lagi rumah-rumah penduduk yang cela, namun syukurnya hingga malam ini sesuai laporan kita terima lapangan nihil korban jiwa akibat gempa tersebut, ” katanya.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib menyatakan prihatin untuk dampak gempa bumi yang sudah merusak sejumlah bangunan masyarakat, rumah ibadah, dan fasilitas umum lainnya di wilayah hukumnya.

“Namun, yang jelasnya kita hendak terus melakukan koordinasi yang indah terkait berbagai kerusakan dampak gempa, bahkan sejumlah personel kita juga di lapangan tengah melakukan pendataan secara detail, ” ujarnya.

Baca pula: Gempa magnitudo 5, 0 goyang Sukabumi
Baca juga: BNPB: Terjadi 1. 188 bencana mematok April 2020

Pewarta: Juraidi dan Kodir
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020