Belgia pastikan Portugal gagal pertahankan gelar juara Piala Eropa

20210628-belgia-portugal-1

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional Belgia memastikan Portugal gagal mempertahankan gelar juara Piala Eropa seusai menghentikan langkah tim juara bertahan itu di babak 16 besar Euro 2020.

Gol tunggal yang dicetak Thorgan Hazard menjadi penentu kemenangan 1-0 yang dibukukan Belgia atas Portugal di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Dengan demikian, Belgia lolos ke perempat final dan akan bertemu Italia yang sudah lebih dulu melangkah setelah melewati hadangan Austria, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Preview 16 Besar Euro 2020: Belgia vs Portugal

Baca juga: Dua gol babak tambahan bawa Italia ke perempatfinal Euro 2020

Portugal sebetulnya tampil lebih agresif sejak sepak mula dan melancarkan beberapa serangan berbahaya, termasuk pada menit keenam saat Diogo Jota menerima umpan kiriman Renato Sanches, sayang tembakan penyerang Liverpool itu masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-25, Portugal mendapat peluang bagus dari situasi tendangan bebas dan Cristiano Ronaldo mampu mengeksekusinya dengan baik, tetapi kiper Thibaut Courtois bereaksi sama baiknya demi menyelamatkan gawang Belgia.

Belgia perlahan-lahan mulai mampu membangun serangan yang lebih baik dan nyaris memimpin pada menit ke-37 saat Thomas Meunier melepaskan tembakan melengkung sayang bola masih bisa melenceng di sisi kiri gawang kiper Rui Patricio.

Lima menit berselang, kebuntuan akhirnya pecah ketika Thorgan Hazard menerima umpan dari Kevin de Bruyne, melakukan satu sentuhan sebelum menyelesaikannya dengan sepakan menukik yang cukup untuk memperdaya Patricio dan membuka keunggulan Belgia.

Tertinggal satu gol Portugal lebih agresif membangun serangan di babak kedua hingga Ronaldo mampu mengirim umpan terobosan ke dalam kotak penalti Belgia pada menit ke-59, sayang penyelesaian Jota masih melambung terlalu tinggi dari sasaran.

Dua menit berselang Joao Felix, yang masuk menggantikan Joao Moutinho, mampu menyambut umpan silang Sanches, sayang sundulannya masih bisa diamankan oleh Courtois.

Di ujung lapangan yang berlawanan, Thorgan Hazard mengirim umpan silang yang disambut Romelu Lukaku, tetapi tembakan voli penyerang Inter Milan itu belum menemui sasaran.

Baca juga: Belgia tidak mau cuma fokus jaga Ronaldo saat hadapi Portugal

Baca juga: Prediksi menang tim-tim 16 besar menurut William Hill

Portugal terus melancarkan serangan dan pada menit ke-82 sepak pojok Bruno Fernandes bisa disambut oleh Ruben Dias dengan tandukan tajam, tetapi Courtois bereaksi sigap mementahkan bola di mulut gawang Belgia.

Semenit berselang, Portugal nyaris menyamakan kedudukan saat Raphael Guerreiro melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang sudah tak mampu dijangkau oleh Courtois, tetapi bola berakhir membentur tiang gawang.

Courtois terus memperlihatkan penampilan gemilangnya dengan kecermatannya merebut bola umpan sundulan Ronaldo yang nyaris disambar oleh Andre Silva pada menit ke-88.

Tepat di pengujung injury time, Portugal memperoleh satu kesempatan lagi setelah mematahkan serangan balik lawannya, sayang tembakan Felix masih melenceng di sisi gawang Courtois, memastikan skor 1-0 bagi Belgia bertahan.

Sementara Belgia melanjutkan langkah mereka ke perempat final menghadapi Italia, Portugal harus pulang lebih awal dari turnamen.

Baca juga: 16 besar Euro 2020: Jerman bertemu Inggris, Portugal jumpa Belgia

Baca juga: Ceko singkirkan 10 pemain Belanda menuju perempat final

Baca juga: Luis Enrique desak polisi usut ancaman terhadap Alvaro Morata

Baca juga: Jerman tidak habiskan waktu latihan adu penalti jelang hadapi Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021