Alaphilippe menangi etape dua TdF sekali lalu rebut kaus kuning

Alaphilippe menangi etape dua TdF sekali lalu rebut kaus kuning

Jakarta (ANTARA) – Julian Alaphilippe mengungguli etape kedua Tour de France (TdF), sekaligus merebut kaus kuning dari genggaman pemenang etape satu Alexander Kristoff, demikian dilansir AFP.

Alaphilippe menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4: 44: 27.

Pada bagian yang berjarak 186 kilometer & berlangsung di pegunungan sekitar tanah air Nice itu, pebalap Swiss Marc Hirschi (4: 55: 27) menduduki posisi kedua, sedangkan posisi ketiga diduduki Adam Yates (4: 55: 28) dari Britania.

Baca juga: Jagoan-jagoan Tour de France 2020

Pebalap Prancis Alaphilippe, yang sempat mengenakan kaus kuning selama 14 hari dalam TdF tahun lalu, mampu membalap dengan tenang saat ketiga pebalap terdepan melakukan sprint sedangkan peleton tertinggal cukup jauh dari itu.

Pebalap kuda hitam Dani Martinez asal Kolombia kehilangan waktu saat melakukan pendakian final hari kedua, setelah ia terbenam di turunan.

Kemenangan itu sekaligus menumbuhkan asa Prancis untuk mendapatkan seorang juara TdF dari negara mereka. Terakhir kali pebalap Prancis menjuarai TdF ialah pada 1985 saat Bernard Hinaut menjadi yang teratas.

“Saya benar-benar ingin melakukan segalanya dan saya tidak memiliki risiko apapun, ” kata Alaphilippe setelah finis di Promenade des Anglais.

“Merupakan suatu kemangkakan dan tanggung jawab besar, serta saya akan mempertahankan kehormatan itu hari demi hari. Saya tak akan menyerahkannya begitu saja nanti, ” tambahnya.

Baca juga: Potensi gelombang kedua COVID-19 hantui Tour de France

Pada pendakian terakhir pada Minggu, Alaphilippe melaju cepat untuk mendapatkan detik-detik bonus di puncak, sebelum ia kembali memacu sepedanya pada turunan menuju garis finis.

Namun kegembiraan tidak terjadi di kubu tim Jumbo-Visma. Tak lama setelah Alaphilippe melakukan serbuan, pebalap tim Ineos Michal Kwiatkowski menubruk kapten tim Jumbo-VIsma Tom Dumoulin sampai terjatuh.

Tim Belanda itu memimpin peloton sepanjang balapan, namun tiba-tiba kudu melambat dan tidak dapat melacak Alaphilippe.

Baca juga: Philippe Gilbert tinggalkan Tour de France karena cedera lutut
Baca juga: Awak Tour de France dilarang hadir jika dua pebalap positif COVID-19

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020